Program Semester 2 Pengawas Sekolah

 PROGRAM SUPERVISI/KEPENGAWASAN

SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 PENJAMINAN MUTU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

DI WILAYAH BINA GUGUS 31 KOTA BANDUNG

Oleh :Siti Rohilah, S. Pd

NIP. 195703181976012002

DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG

2011

PROGRAM SEMESTER 2 PENGAWASAN SEKOLAH

Nama Pengawas        :  Siti Rohilah, S. Pd

Wilayah Kepengawasan  : Gugus 31 Kota Bandung

Tahun Pelajaran        : 2011/2012

No.

TUJUAN KEGIATAN

MATERI DAN JENIS KEGIATAN

TARGET / SASARAN

METODA/

TEKNIK

PELAKS

INSTRUMEN

BAHAN/SUMBER

KET

1.

Memiliki acuan kegiatan pelaksanaan tugas kepengawasan § Penyusunan program kerja tahunan dan semester kepengawasan berdasarkan identifikasi/inventarisasi permasalahan dan kebutuhan lapangan TK-SD§ Penyusunan instrumen, metode dan teknis pemantauan, supervisi, evaluasi,  pelaporan dan tindak lanjut.(Supervisi manajerial) § Tersusunnya Program Kerja Kepengawasan tahunan dan semester§ Tersusunnya instrumen yang berkaitan dengan program pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut. § Workshop§ Diskusi§ Simulasi

Januari 2011

Format Program Kepengawasan semester

2.

Mengikuti kegiatan rapat dinas sebagai wahana penyampaian dan penerimaan informasi kepengawasan § Rapat dinas / Raker Pengawas Sekolah se-Kota Bandung§ Rapat Dinas Pengawas dan Kepala Sekolah se-Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Sukasari Kota Bandung § Terserapnya informasi aktual sebagai dasar pertimbangan guna menyusun program dan melaksanakan kepengawasan§ Kepala TK dan SD : Penyampaian informasi dan pembahasan untuk pelaksanaan kepengawasan § Workshop§ Penjelasan

Januari 2011

§ Kebijakan Pemerintah dlm bidang pendidikan§ Peaturan perundang – undangan§ Notulen rapat

3.

Kepala dan guru TK – SD memahami standar nasional pendidikan sebagai acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah. § Pembinaan awal semester  tahun pelajaran 2009/2010Materi tentang1). Implementasi Standar Nasional Pendidikan dan ruang lingkupnya

2.  Kompetensi dan Sertifikasi Kepala Sekolah dan Guru TK/SD

§ Standar nasional pendidikan dapat dipahami oleh Kepala dan Guru TK/SD§ Kompetensi dan program sertifikasi dapat dipahami oleh kepala dan guru TK- SD. §  Penjelasan§  Diskusi§  Presentasi

Januari 2011

§ UU No. 20 / 2003§ PP 19 / 2005§ Delapan Standar Nasional Pendidikan

§ Permendiknas No. 13, 14 Tahun 2007

§ UU No. 14/2007

Catatan : Taman Kanak-Kanak menyesuaikan dengan Kurikulum yang berlaku (Kurikulum 2004). 

4.

Kepala Sekolah dapat mengelola administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah. § Pembinaan / layanan klinis terhadap Kepala Sekolah TK-SD tentang : KTSP, Pengelolaan administrasi berdasarkan standar nasional yang ditetapkan.    (Supervisi manajerial) Kepala TK dan SDDi sekolah / gugus sekolah binaan §  StudiDoku-mentasi,§ Wawancara§ Konsultasi

Februari, Maret, April 2011

§ KTSP sekolah masing-masing§ Program Pembinaan Gugus Bina§ Agenda bulanan

§ Bukti fisik kunjungan

5.

Kepala Sekolah dapat melaksanakan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk mempersiapkan akreditasi sekolah. § Pemantapan administrasi satuan pendidikanberdasarkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan untuk persiapan akreditasi sekolah.    (Supervisi manajerial) Kepala TK dan SDDi sekolah / gugus sekolah binaan §  StudiDoku-mentasi,§ Wawancara§ Konsultasi

April- Mei 2011

§ Pedoman Akreditasi§ Instrumen Evaluasi Diri§ Tabel Pengolahan Nilai Akreditasi

6.

Kepala Sekolah dan guru dapat menyusun program pembelajaran semester Bimbingan Penyusunan program pembelajaran (SD) dan PKBTK (TK)(Supervisi akademik) Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan § Penjelasan§ Diskusi§ Simulasi

Januari 2011

§ Standar Isi dan SKL§ Format prog. semester

7.

Kepala Sekolah dan guru dapat menyusun silabus tiap bidang pengembangan di TK dan mata pelajaran di SD berdasarkan standar isi, SKL, dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan KTSP. Bimbingan Penyusunan Silabus di TK dan SD    (Supervisi akademik) Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan § Penjelasan§ Diskusi§     Simulasi

Januari – Februari 2012

§ Standar Isi dan SKL§ Prog. Pemb.Smtr.§ Format Silabus

§ Agenda kepengawas-

an bulanan

§   Program Gugus

§ Bukti fisik kunjungan di gugus

8.

Kepala Sekolah dan Guru dapat memilihdan  menggunakan strategi/ metode/teknik pembelajaran /bimbingan yang dapat me- ngembangkan potensi siswa Bimbingan penggunaan strategi/metode/teknik pembelajaran atau bimbingan dalam pengembangan potensi siswa    (Supervisi akademik) Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan § Penjelasan§ Diskusi§ Simulasi Januari – Maret 2012 § Agenda bulanan kepengawasan§ Refferensi Model-model Pembelajaran§ Format pendukung lainnya

9.

Kepala Sekolah dan guru dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tiap bidang pengembangan di TK dan mata pelajaran di SD berdasarkan standar isi, SKL, dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan KTSP. Bimbingan Penyusunan RPP di TK dan SD(Supervisi akademik) Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan § Penjelasan§ Diskusi§ Simulasi Januari – Maret 2012 § Agenda bulanan kepengawasan§ Refferensi Model-model Pembelajaran§ Format RPP

§ RPP buatan guru

10.

Kepala Sekolah dan guru dapat melaksanakan  kegiat -an Pembelajaran / bimbingan di kelas/ laboratorium/ lapangan untuk mengembang kan potensi siswa. Bimbingan praktik kegiatan pembelajaran atau bimbingan.  (Supervisi akademik) Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan  § Observasi kelas§     Diskusi§     Simulasi Januari – Maret 2012 § Agenda kegiatan kepengawasan§ RPP buatan guru§ Model, strategi pembelajaran.

11.

Kepala Sekolah dan guru dapat mengelola, merawat, mengembang -kan, dan menggunakan media atau teknologi informasi dalam melak -sanakan pembelajaran Bimbingan penggunaan dan pemanfaatan media atau teknologi informasi dalam pembelajaran.  (Supervisi akademik) Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan  § Observasi kelas§ Diskusi§ Simulasi Januari – Maret 2012 § Agenda kegiatan kepengawasan§ Pedoman pemanfaatan media§ KIT IPA, KIT Matematik, Peta,dsb.

12.

Kepala Sekolah dan guru dapat menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Bimbingan penyusunan kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran(Supervisi akademik) Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan § Penjelasan§ Diskusi§ Presentasi

Januari – Februari 2012

§ Agenda kegiatan kepengawasan§ Silabus/RPPInstrumen

13.

Kepala Sekolah dan Guru dapat menentukan aspek- aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran /bimbingan tiap-tiap bidang pengembangan di TK atau mata pelajaran di SD v Bimbingan tentang Penilaian di sekolah(Standar Penilaian/Permendiknas No. 20/07  (Evaluasi Pendidikan) Kepala Sekolah (KKKS), KelompokKerja Guru (KKG), Pemandu Mata PelajaranDi sekolah / gugus sekolah binaan § Penjelasan§ Diskusi§ Presentasi

Januari 2012

§ Standar Penilaian§ Permendiknas No. 20 / 2007§ Format-format
v Bimbingan Tentang Konstruk Soal UASBN/ Ujian Sekolah berdasarkan SKL (Evaluasi Pendidikan)

Januari – Februari – Maret 2012

§   Permendiknas No. 23 /2006§  Permendiknas No. 39Tahun 2007

§ Permendiknas No. 20

Tahun 2007

§ Kaidah Penulisan Soal

§ Format-format

v Pemantauan Latihan Ujian Sekolah penyelenggara

Seuai dg penjadwalan sekolah

§  Instrumen Pemantauan
v Bimbingan Tentang Konstruk Soal Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) berdasarkan Standar Isi      ((Evaluasi Pendidikan)

Februari – Maret 2012

§ Standar Isi§ Standar Penilaian§ Pedoman Penilaian

Format-format

14.

Kinerja Kepala Sekolah, Guru, dan Staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya dalam pening -katan mutu pendidikan dan pembelajaran di TK dan SD dapat terukur secara akurat. Ø Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Kepala TK      (Evaluasi Pendidikan) Kepala Sekolah di sekolah masing-masing Ø Observasi Kelas/ sekolah

Mei – Juni 2012

§ Agenda Kepengawasan§ Instrumen Supervisi
Ø Penilaian Kinerja Guru TK dan SD(Evaluasi Pendidikan) Guru TK dan SD Ø Observasi Kelas/ sekolah

Mei – Juni 2012

§ Agenda Kepengawasan§ Instrumen Supervisi
Ø Penilaian Kinerja Staf Sekolah(Evaluasi Pendidikan) Tenaga TU, Guru Pustakawan, Guru TIK, Penjaga Sekolah Ø Observasi Kelas/ sekolah

April dan Juni 2012

§ Agenda Kepengawasan§ Instrumen Supervisi

16.

Terpantaunya hasil belajar siswa untuk perbaikan dan peningkatan terhadap siswa melalui bimbingan terhadap guru TK – SD Analisis hasil belajar siswa(Evaluasi Pendidikan) Kepala dan Guru TK – SD. Ø Pengkajian laporan nilai hasil belajar siswaØ DiskusiØ Wawancara

April dan Juni 2012

§ Agenda kepengawasan§ Instrumen Supervisi§ Data Laporan Nilai tiap mata pelajaran

17.

Mendapatkan data kuantitatif dan kualitatif guna menentukan kualitas proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran di TK dan SD. Mengolah, menganalisis, dan melaporkan  data hasil penilaian kinerja Kepala Sekolah, kinerja guru, dan staf sekolah.(Evaluasi Pendidikan) Data / instrumen hasil observasiØ  Data Kinerja Kepala SekolahØ  Data Kinerja Guru

Ø  Data Kinerja Staf sekolah

1. Analisis Data

Maret dan Juni 2012

§ Agenda kepengawasan§ Data laporan bulanan§ Instrumen Pengolahan Hasil Kepengawasan

15.

Dapat mengidentifikasi masalah kepengawasan yang penting diteliti untuk kepentingan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan profesi. Analisis Data hasil kepengawasan(Penelitian dan Pengembangan) Data hasil pengawasan Ø  DiskusiØ  WawancaraØ  Studi Doku-

mentasi

Maret dan Juni 2012

§ Agenda kegiatan kepengawasan§ Laporan Triwulan§ Instrumen Analisis / Identifikasi Kasus / Masalah

§ Instrumen lain

16.

Tersusunnya proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif Menyusun proposal penelitian (PTS)(Penelitian dan Pengembangan) Ø Supervisi ManajerialØ Supervisi Akademik  Ø dokumentasiØ Kajian lapanganØ Kajian Teori

Maret 2012

§ Agenda kegiatan kepengawasan§ Laporan Triwulan§ Pedoman KTI dan PTS

 

17.

Menindaklanjuti proposal penelitian, yaitu melaksanakan penelitian tindakan sekolah Melaksanakan kegiatan penelitian.(Penelitian dan Pengembangan) Subjek penelitian pada sampel penelitian 1) wawancara2) Diskusi3) Refleksi Awal

4)  Siklus 1 dan ke-2

Maret s.d. Juni 2012

§ Agenda kegiatan§ Instrumen PenelitianCatatan

18.

Menghasilkan data hasil olahan/analisis data dari hasil penelitian. Analisis Data(Penelitian dan Pengembangan) Data yang terkumpul Analisis Data dan Kesimpulan

Januari – Februari 2012

19.

Menghasilkan karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan/pengawasan Menyusun KTI(Penelitian dan Pengembangan) Data hasil kepengawasan Analisis data kualitatif/kuantitatif

April – Juni 2012

§ Agenda kegiatan§ Instrumen PenelitianCatatan

20.

Dapat menghasilkan pedoman/panduan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan pengawasan Penyusunan pedoman/panduan/ kertas kerja, instrumen bagi pengawasan dan acuan bagi Kepala Sekolah dan Guru.(Penelitian dan Pengembangan)

Setiap kali akan dilaksanakan

§ Instrumen dikembangkan sesuai dengan kebutuhan

21.

Agar Kepala Sekolah dan guru-guru dapat memahami dan terampil dalam menyusun perencanaan maupun pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Bimbingan PTK terhadap Kepala Sekolah dan Guru(Penelitian dan Pengembangan) Kepala dan Guru TK – SD(di sekolah / gugus sekolah) Ø  PemaparanØ  DiskusiØ  Simulasi /Presentasi

Februari s.d. Mei 2012

§ Agenda kegiatan§ Pedoman PTK§ Instrumen pendukung

22.

Melaksanakan upaya peningkatan mutu pendidikan TK dan SD Pelaksanaan Pembinaan Profesional guru melalui optimalisasi kegiatan di gugus sekolahKonsistensi kegiatan KKG,KKKS, Pemandu Mata Pelajaran dalam tindak lanjut pembinaan awal semester. v KKG,KKKS, Pemandu mapel.v Pemberdayaan peran pembina teknis dan guru /pemandu mata pelajaran yang telah mengikuti Diklat. v Diskusiv Praktikv Simulasi

v Refleksi

Januari – Juni 2012

v Diskusiv Praktikv Simulasi

v Refleksi

27.

Meningkatkan prestasi guru berdasarkan bukti fisik pelaksanaan tugas, serta pengendalian usul PAK sesuai dengan ketentuan dan meningkat- kan kemampuan guru dan kepala sekolah dalam teknis pengajuan PAK. v Pembinaan Guru dan KS dalam teknis pengusulan PAK;v Pemeriksaan bukti fisik terhadap guru atau kepala sekolah yang mengajukan kenaikan pangkat/jabatan fungsional/PAK. v Kepala sekolahv Guru v Penjelasanv Praktikv Simulasi

Maret – April 2012

§ Agenda kegiatan§ Juknis Kenaikan Pangkat/Jabatan Fungsional Guru/KS§ Format DUPAK

§ Instrumen pendukung

28.

Meningkatkan mutu pendidikan bagi sekolah yang dijadikan Proyek Keunggulan (SDSN, SBI, SD Plus, SD Terpadu, SDP, IPK, POR, TK Terpadu, TK Plus, dsb. Pembinaan khusus sekolah yang dijadikan Proyek Unggulan Sekolah binaan v  Diskusiv  Refleksiv  Observasi Disesuaikan dengan jadwal Pedoman , peraturan, Juklak/Juknis yang berlaku

29.

Melaksanakan tugas kepanitiaan tingkat kecamatan dalam berbagai kegiatan perlombaan, olimpiade, pekan olah raga dan seni. 1. Menyeleksi Siswa Berprestasi Siswa SD perwakilan tiap sekolah v Perlomba- anv Apresiasiv Pameran

Februari 2012

o Agenda/program kepengawasano Standar Penilaian Lomba Gugus TK, SD, dan Lomba Sekolah Sehato Instrumen Penilaian

o Instrumen Pelaporan

2. Festival Kreatifitas Mata Pelajaran Tk SD S.d.a.

Maret 2012

3. Lomba Kreativitas Siswa TK Siswa TK perwakilan tiap TK          Maret 2012
4. Lomba Gugus TK Gugus TK sekecamatan

-

5. Lomba Calistung Gugus SD

Maret 2012

5. Lomba Gugus SD Gugus SD sekecamatan

-

6. LTUB Sekolah

Mei 2012

7. Lomba UKS Sekolah

April 2012

8. Lomba Sekolah Sehat Sekolah

-

9. Kegiatan Porseni Sekolah

April 2012

10. Pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Perwakilan Guru tiap sekolah

April 2012

11. Pameran Kreatifitas Siswa TK/SD

Maret 2012

30.

Melaporkan berbagai kegiatan kepengawasan secara keseluruhan. Penyusunan laporan Data Hasil Kepengawasan Analisis Data

Juni 2012

§ Data-data hasil pengawasanInstrumen laporan